Web hosting

Petunjuk Pencarian

Custom Search

Tuesday 12 June 2012

MAKALAH KERJASAMA ASEAN


 MAKALAH KERJASAMA ASEAN
BAB I
PENDAHULUAN
A.    KERJA SAMA
            Sebagai bangsa yang berkepercayaan, bangsa Indonesia meyakini bahwa msemangat dan kehendak untuk bekerja sama juga merupakan rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Tuhanlah yang melengkapi manusia dengan sifat dan kehendak untuk bekerja sama dengan sesamanya. Sifat dan kehendak tersebut tidak dibatasi oleh perbedaan-perbedaan agama, suku, ras, dan lain sebagainya. Sebaliknya, sifat dan kehendak bekerja sama tersebut justru mengatasi atau menembus batas-batas perbedaan agama, suku, ras dan lain sebagainya.
B.     PERMASALAHAN
            Di dalam masyarakat yang majemuk secara keagamaan, peran dan fungsi agama yang diberlakukan dalam politik harus memperhatikan dan menghormati adanya perbedaan-perbedaan ajaran dan etika, sehingga umat beragama yang satu jangan sampai memaksakan dan memberlakukan kehendaknya kepada umat beragama yang lain tanpa melalui proses pengambilan keputusan yang adil dan demokratis. Selain itu harus diperhatikan dan dihormati berbagai kesepakatan bersama secara nasional.
            Mengingat adanya berbagai kesamaan mengenai nila-nilai, concern dan kepentingan umat berbagai kesamaan mengenai nilai-nilai, concern dan kepentingan, umat berbagai agama perlu menyatukan sikap dan tindakan dalam rangka menyikapi dan mengatasi berbagai persoalan bersama yang dihadapi. Dalam hal ini kita mencatat dengan gembira, bahwa dewasa ini telah terdapat berbagai kerja sama di kalangan umat berbagai agama dalam menghadapi dan memperjuangkan terpecahkannya berbagai permasalahan negara dan bangsa kita, baik yang dilakukan oleh perorangan maupun organisasi dan kelembagaan, baik yang sudah ada ataupun yang khusus untuk itu.
            Dengan jujur, kita dapat menyatakan bahwa kita masih menyaksikan berbagai praktek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang jauh dari nilai moral kerja sama. Kita melihat betapa masih ada banyak warga masyarakat yang bersikap sektarian atau mementingkan kelompoknya sendiri. Bahkan, ada pula pihak yang berupaya membatasi hak hidup kelompok lain dengan cara-cara kekerasan. Kita juga masih sering diusik oleh praktik nepotisme, ekploitasi tenaga kerja, pengistimewaan oknum-oknum tertentu dalam bidang ekonomi, hukum dan politik.
            Walaupun ada banyak hal positif  berkenaan dengan penerapan nilai moral kerja sama dalam kehiduoan sehari-hari, namun tidak sedikit praktek yang menyimpang dari nilai moral tersebut. Kita masih menghadapi tentangan yang tidak kecil dalam mewujudkan nilai moral kerja sama dalam kehidupan sehari-hari.
            Sebagai generasi muda, kita terpanggil dan bertanggung jawab untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang didasari oleh nilai moral kerja sama. 

SELENGKAPNYA : >>DOWNLOAD<<

No comments:

Post a Comment