MAKALAH FAKTUAL PENDIDIKAN DI INDONESIA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Dasar
Pemikiran
Bagi murid guru merupakan sosok yang sangat mulia, kehadirannya
selalu menjadi penerang bagi semua anak didiknya. Dulu, profesi guru tidak
banyak diminati oleh masyarakat, mereka lebih tertarik menjadi dokter, tentara
maupun pengusaha.
Tapi sekarang, dengan adanya global crisis yang melanda semua Negara
di dunia termasuk di Negara kita Indonesia , profesi ini menjadi
salah satu profesi yang cukup menjanjikan. Namun dengan perkembangan yang pesat
ini seharusnya kualitas guru pun jadi meningkat bersamaan dengan naiknya
permintaan pasar.
Peran guru beberapa tahun yang lalu bukan hanya sekedar mengajarkan
pengetahuan yang telah dimiliki sebagai sebuah keahlian tetapi juga turut
mendidik murid menjadi seorang yang cerdas, sopan santun dan berakhlak mulia.
Akhir-akhir ini sering terdengar banyak keluhan dari beberapa orangtua murid
mengenai peran guru sekolah yang kurang berkualitas.
Itu disebabkan dengan mendesaknya kebutuhan ekonomi keluarga
sehingga mereka kurang memperhatikan tanggung jawab guru yang sebebnarnya. Saya
pikir hal seperti ini sangat menyedihkan. Kata mengajar mempunyai arti
memberikan pengetahuan yangmereka miliki terlebih dulu kepada para muridnya
sehingga mereka bisa mengerti.
Kata mendidik, mempunyai makna yang lebih dalam karena selain guru
mempunyai tugas untuk mengajar tapi mereka juga memiliki tanggung jawab untuk
mengarahkan anak muridnya menjadi seorang manusia yang lebih berbudi
luhur. Menurut saya hal itu adalah nilai tambah yang sangat mulia untuk profesi
guru.
Beberapa survey mengatakan bahwa banyak orang memilih profesi guru
hanya sebagai pelampiasan atau jalan alternative mencari nafkah saja. Hal ini
juga lebih menyedihkan bagi kita sebagai orangtua murid. Guru semacam inilah
yang berbahaya, karena mereka tidak mampu membentuk karakter dan mencerdaskan
anak didiknya, tetapi mereka malah cenderung menguras harta negara.
Disamping itu, demi terisinya mata pelajaran, sekarang ini dari
pihak sekolah sering kali salah kamar dalam menempatkan posisi guru sebagai
pemegang mata pelajaran. Hal itu menjadi sebab utama rapuhnya pendidikan bangsa
ini, karena kurangnya profesionalitas tenaga pengajar.
Berbagai hal fakta yang terjadi pada Realita Pendidikan di Indonesia
ini lah yang menjadi landasan kami untuk mengkaji permasalah yang tertuang
dalam sebuah Karya Tulis yang berjudul “ Faktual Pendidikan di Indonesia “ ini.
SELENGKAPNYA : >>DOWNLOAD<<
No comments:
Post a Comment